13 April 2015

Ulin N

Jauh di Mata Dekat di Hati




Sebenarnya gue masih bingung dengan pepatah ini, apa mungin gue orang awam, jadi belum rada tau apa itu pepatah. Sebenarnya, yang saya tau itu, dari pepatah sendiri adalah ungkapan yang mengandung makna. Mungkin juga kata benda juga termasuk mengandung makna didalamnya. Coba deh kamu Tanya ke anak IPA, mungkin mereka akan menjawab Usus, jantung atau apalah.

Kenapa gue bingung dengan ungkapan pepatah yang satu ini? begini nih awalnya. Kalau menurutku pepatah ini adalah menggambarkan seseorang yang selalu dirindukan oleh seseorang yang merindukan, walaupun tidak nampak atau jauh oleh mata, namun akan terasa dekat di hati. Bener nggak sih? Bukannya kalau dekat itu di pikiran ya? Soalnya gue susah banet kalau mau menginat seseorang itu harus melalui hati. Akan lebih mudah lagi kalau mengingat seseorang melalui pikiran, jadi orang tersebut akan selalu ada di dalam pikiran kita.

Nanti kesannya jadi berubah dong, jadinya “Jauh dimata, dekat di pikiran” kok kayaknya kurang sreg ya. Kalau mau dijelaskan secara rinci lagi, bisa panjang nih. Jadi, apa sih arti dari pepatah ini. mungkin kamu yang ngak tau atau yang belum tau, pasti akan bertanya-tanya kesana kemari. Dan lagi, siapa yang membuat pepatah seperti ini, darimana asal pepatah ini dan ejak kapan pepatah ini mulai digunakan?

Mungkin sudah bukan rahasia umum lagi kalau pepatah ini yang mungkin sudah ada sejak lama. Tapi, siapa juga yang mau peduli dengan pepatah ini, toh masih banyak juga pepatah yang lain yang jauh lebih keren dari ini. inilah yang saya dapat di pembelajaran formal dan bahkan hampir juga gue selalu denger kata-kata, maksud gue pepatah ini. Dan penjelasannya pun juga sama, sama-sama membosankan menurut gue.

Ayolah, apa nggak ada lagi selain dari pepatah ini. apa mungkin sudah kehabisan kata-kata untk merangkai ataupun membuat pepatah yang baru yang lebih mudah dimengerti. Kalau menurut gue pribadi sih, nggak akan bisa tenang ini hati kalau nggaj tau seluk beluknya. Bawaannya penasaran mulu, bisa menghabiskan waktu banyak nih, kalau Cuma ngebahas kata-kata, maksudku pepatah yang kayak begini.
Sudahlah, mungkin akan gue bahas lain waktu. Itupun kalau gue sudah menemukan jawabannya, titik.

Ulin N

About Ulin N -

Aku itu orangnya suka banget sama film horor, horor barat gitu. Dan kalau lagi bosan, biasanya aku suka jalan-jalan pakai sepeda. Biasanya sih ke tempat yang sejuk, seperti di pesawahan yang banyak penghijauanya. Salam kenal ^^

Jangan lupa untuk di Subscribe ya ^^ :